THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 28 Juli 2008

BAB 1 - TUBUH

a. Bagian Tubuh

Aku merawat tubuhku
Aku menjaga tubuh selalu bersih
Aku tahu kebutuhan tubuhku
Selain makanan sehat
Aku juga harus minum yang sehat
Makanan yang baik untuk tubuhku harus lengkap

Namanya makanan 4 sehat 5 Sempurna

Yaitu:

1. Nasi,
2. Lauk pauk seperti daging, ayam, ikan
3. Sayur-sayuran, seperti bayam, kangkung, wortel
4. Buah-buahan seperti jeruk, pepaya, pisang, apel
5. Susu

Aku akan tumbuh besar
Tubuhku sehat dan kuat

Bagian tubuhku mempunyai kegunaan

Mataku ada dua
Gunanya untuk melihat pemandangan

Telingaku ada dua
Gunanya untuk mendengar bunyi
Telinga mempunyai daun telinga


Lidahku ada satu
Gunanya untuk mencicipi
Juga, untuk membentuk bunyi menjadi kata-kata yang kita ucapkan

Hidungkan ada satu
Gunanya untuk mencium bau
Juga, sebagai jalan masuk keluarnya oksigen yang aku hirup

Gigiku keras dan kuat
Karena gigi berguna untuk menggigit makanan
Gigi untuk menguyah makanan
Agar makanan mudah dicerna oleh lambung

Aku suka rambutku
Rambutku tebal dan hitam
Rambut untuk melindungi kepala

Kakiku ada dua
Yaitu untuk berjalan, berlari dan berdiri
Tanganku ada dua
Tangan untuk bersalaman
Untuk mengambil barang-barang
Untuk menulis, makan dan lain lain

Bagian tubuh mempunyai kegunaan

b. Merawat Bagian Tubuh

Aku rajin merawat tubuh
Aku membersihkan bagian tubuhku

Agar badan bersih sehat dan tidak gatal
Aku mandi setiap hari
Pagi dan sore
Mandi harus memakai sabun

Aku harus menyikat gigi
Agar bersih dan kuat
Juga harum
Menyikat gigi dengan odol
Kapan kita harus menyikat gigi?
Sehabis makan dan sebelum tidur
Menyikat gigi sewaktu mandi

Sikat gigi juga harus bersih
Lebih baik membeli sikat gigi yang ada tutupnya

Aku mencuci tangan
Dengan sabun
Setelah bermain
Sebelum makan
Sebelum tidur
Tanganku bersih dan lembut

Aku mencuci kaki
Sepulang sekolah
Setelah bermain
Sebelum tidur

Kakiku bersih dan tidak bau

Aku menggunting kuku
Memakai alat pemotong kuku
Alat ini tajam dan bersih
Kukuku selalu bersih
Ujung kuku tidak hitam

Rambutku panjang
Aku rajin mencuci rambut
Dengan memakai sampo
Menyisir rambut dengan sisir
Rambutku bersih
Rambutku wangi

Aku pernah lalai
Aku tidak merawat tubuhku
Tubuhku menjadi kotor
Aku tmapak kumal
Aku dihinggapi kuman penyakit

Tanganku kotor
Aku lupa mencuci tangan
Aku makan pagi
Aku sakit perut
Kegiatanku terganggu

Aku malas mencuci rambut
Rambutku kotor
Kepalaku gatal
Rambutku bau sekali

Aku sering menggaruk kepala
Teman-teman menjauhiku
Aku sedih sekali

Kukuku panjang dan hitam
Aku lupa memotong kuku
Aku jarang mencuci tangan
Aku tampak jorok
Aku malu sekali

Kalau aku jarang sikat gigi
Sisa makanan masih menempel di gigi
Napasku jau bau busuk
Gigiku berlubang, banyak cacing hidup disana
Aku jadi sakit gigi

Dulu aku sering membuat ibu susah dan sedih
Karena aku malas membersihkan tubuhku
Mandi tidak pakai sabun
Malas menggosok gigi
Kulitku gatal
Napasku suka bau

Tapi sekarang aku sadar
Kebersihan sangat penting bagiku
Dan kebersihan adalah sebagian dari iman
Juga aku jadi tahu, tubuh kotor mudah terkena penyakit

c. Kebutuhan tubuh

Kalau aku merasa lapar
Aku malas melakukan apapun
Karena perut lapar membuat tubuhku lemah
Itu berarti aku perlu makan

Jadi, aku harus makan tiga kali dalam sehari
Di pagi hari
Di siang hari
Di malam hari

Tubuhku berkeringat sepulang sekolah
Tubuhku kotor setelah bermain
Jadi, aku harus membersihkan tubuhku
Aku harus mandi

Mandi dengan air bersih
Gosoklah dengan sabun
Agar segar sehabis mandi

Untuk melindungiku agar tidak kedinginan
Dan agar tidak kepanasan
Aku memakai baju
Tapi bajuku harus bersih dan rapi

Aku juga harus memakai sandal ketika keluar rumah
Agar kakiku tidak kepanasan, tidak terkena paku dan tidak kotor

Aku buka jendela kamar tiap pagi
Agar udara segar masuk
Aku hirup udara segar
Napasku terasa lega
Tubuhku semakin sehat

Aku rajin menyapu
Kamarku bersih
Rumahku rapi
Halamanku bersih
Lingkunga rumahku nyaman

Selain rajin belajar,
Aku juga senang bermain
Setelah lelah belajar
Setelah lelah bermain
Aku perlu istirahat

Aku pun menonton televisi
Aku senang menonton film kartun
Berita tivi pun aku tonton
Agar pengetahuanku bertambah
Hatiku terhibur

Jika aku mengantuk
Aku tidur
Aku tidak boleh tidur terlalu maalam

Aku memang perlu tidur
Agar tubuhku jadi segar kembalo
Tenagaku pulih kembali

Sebelum tidur aku berdoan
Agar Allah menjagaku selagi tidur


0 komentar: